Cara Mengembalikan Suara TV yang hilang

Hi #Sahabatswiss

Suara TV yang hilang adalah masalah yang umum terjadi, apa pun depe jenis televisi. Tenang jo, ngoni dapat mengatasi masalah ini sendiri tanpa perlu mo pangge teknisi. Tapi, sebelum mengetahui depe cara mengembalikan suara TV yang hilang, ada baiknya ngoni simak dulu ini penjelasan mengenai penyebab timbulnya masalah tersebut.

Penyebab Suara TV Hilang

Suara TV hilang nyanda selalu sama-sama dengan gambar yang hilang juga. Kadang, TV nyanda ada suara padahal gambar dapalia bagus-bagus. Nah, berikut berbagai kemungkinan yang dapat jadi penyebab suara TV hilang. Salah satunya mungkin penyebab masalah suara TV hilang yang ngoni alami.

Kabel rusak

Kalo ngoni pe TV menerima sinyal dari sumber eksternal, contoh kotak kabel atau pemutar DVD, coba cek kondisi kabel yang ada ta sambung dengan perangkat tersebut ke TV. Kalau kabel putus, longgar, atau so bermasalah, maka suara TV jadi nyanda mo dapa dengar.

Baca Juga : Sambut Siaran Digital dengan Set Top Box Sharp

Kerusakan pada loudspeaker

Salah satu penyebab TV nyanda ada suara bisa jadi karena speaker TV yang bermasalah. Hal ini biasanya terjadi kalo kumparan speaker putus sehingga depe sinyal listrik dari output Ic sound amplifier/Ic pengeras suara nyanda berubah jadi magnet statis yang menggerakkan membran speaker. Akibatnya, nyanda timbul suara. Selain itu juga, kerusakan sering terjadi apabila kabel RCA yang so lama berkarat dan menyebabkan gangguan.

Tak sengaja mengubah pengaturan TV

Untuk memastikan apakah pengaturan TV berubah, ngoni cukup klik tombol “Menu” pada remote TV, lalu buka bagian gambar. Periksa apakah so semua pengaturannya sudah benar. Kalo ternyata pengaturan pada bagian sound atau suara berubah, sesuaikan kembali supaya suara TV dapat dengar ulang.

Cara-cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang

Setelah mengetahui beberapa kemungkinan dari penyebab suara TV hilang, kini saatnya ngoni melakukan langkah-langkah atau depe cara mengembalikan suara TV yang hilang.

Pastikan fitur “mute” nyanda aktif

Kadang penyebab TV nyanda ada suara sederhana sekali, yakni tombol “mute” pada remote TV terpencet secara nyanda sengaja. Jadi pertama-tama, ngoni cek dulu apakah fitur “mute” di TV aktif atau nyanda. Kalo fitur “mute” aktif, di pojok bawah layar TV akan tampak simbol speaker disilang. Untuk menonaktifkannya, ngoni cukup tekan kembali tombol “mute” atau volume+ pada remote TV.

Matikan TV dan hidupkan lagi

Sebelum periksa lebe jao, ngoni boleh coba cara simpel ini. Kadang, upaya mudah ini dapat berhasil mengembalikan suara TV yang hilang, walau ngoni belum tahu depe penyebab apa. Cukup kase mati TV, kemudian cabu kabel TV dari aliran listrik. Tunggu selama beberapa menit, lalu ngoni nyalakan kembali TV. Kalo suara TV masih belum juga dapa dengar, coba cek bagian yang lain.

Periksa kembali kabel dan port TV yang tersambung

Cek apakah kabel dan port TV so tersambung dengan benar serta kuat. Kalo kabel atau port terasa longgar, eratkan depe sambungan. Kalo ada debu, coba segera bersihkan. Jika suara masih belum terdengar, mungkin ada masalah dengan suara HDMI yang nyanda berfungsi di TV. Coba ngoni tukar perangkat media dengan yang lain, ato ubah depe output speaker TV ke speaker internal for mo lia apakah suara jadi so boleh mo dapa dengar.

Periksa kondisi speaker

Suara TV yang hilang bisa disebabkan oleh adanya masalah pada speaker TV, entah karena kabel konektornya atau kabel lilitan dalam speaker yang putus. Ngoni dapat mengecek kondisi speaker dengan multitester untuk mengetahui apakah depe kondisi masih baik dan depe  kabel-kabel nyanda bermasalah.

Gunakan fitur reset sound pada TV LED

Cara kembalikan suara TV yang hilang berikutnya yakni dengan me-reset pengaturan suara menjadi versi pabrik. Menu ini ada di beberapa merk TV LED, lebe tepat pada alternatif “Suara”. Setelah reset berakhir, pastikan untuk menyesuaikan kembali pengaturan suara seperti equalizer, penyeimbang sutra, auto volumeaudio delay, serta sound feedback.

Check Also

Cara Pemasangan Bracket TV LED

Hi #Sahabatswiss… Bracket TV LED skarang popular digunakan di kalangan masyarakat dengan seiring bergesernya model …