Apakah bisa Pipa AC di sambung ?

Apakah bisa Pipa AC di sambung ? – Biasanya pada saat pemasangan AC pipa yang di bawah kurang panjang, mungkin karna salah ukur, atau mau ganti jalur pemasangan lebih jauh. Otomatis pilihannya ya harus disambung pipanya, atau tukar pipanya dengan yang lebih panjang. Apakah bahaya kalau pipa disambung ? Kalau di las akan tahan lama atau tidak ?

Tidak Perlu Khawatir Asal Pengelasan Pipa Sesuai Dengan Aturan

Pipa yang terbuat dari tembaga, dalam melakukan penyambungan yang digunakan bahan perak yang berfungsi sebagai sebuah lem ketika meleleh akan membuat pipa saling merekat. Penjelasan yang membuat perak itu meleleh serta melapisi tembaga bisa membuat kedua pipa tembaga jadi menyatu.

Yang suka membuat khawatir pengguna biasanya adalah warna tembaga yang jadi hitam. Seakan akan takut meleleh dan pipanya jadi rusak. Nah soal ini pastinya sudah diperhitungkan sebelumnya, bahan perak atau filter ini sudah memiliki titik cair yang jauh di bawah tembaga, sementara tembaga hanya bisa bertahan > 800 derajat celcius, Jadi saat bahan pengisi ini meleleh dapat melumasi tembaga, tembaga masih akan bertahan dan tidak mencair. Warna hitam yang ada pada tembaga merupakan senyawa karbon, tapi ini tidak akan membuat tembaga menjadi rusak.

Alternatif Menggunakan Double Nepple

Ada juga alternatif tanpa lakukan las untuk sambung 2 pipa jadi satu, yaitu dengan gunakan double nepple. Kalau pada sa at pengelasan pipa sifatnya permanen, yang sudah menyatu tidak dapat dipisahkan lagi. Double nepple sifatnya fleksibel dapat di pisahkan kapan saja kalian mau, bisa di kencangkan ataupun dilepas.

Baik pengelasan atau menggunakan Doubble nepple sama-sama bisa diperbolehkan, dan resiko untuk kebocorannya juga sangat minim selama kalian lakukan sesuai dengan aturan dan perlatan yang cukup. Pada saat pengelasan kalian harus diperhatikan adalah torch yang panas, sehingga lelehan pada filter bisa sempurna serta melapisi pipa dengan baik, sementara pada Double Nepple yang perlu kalian perhatikan yaitu kualitas material dari nepple yang pas, serta pengencangannya tidak akan terjadi kebocoran pada pipa.

Penggunaan Double Nepple ini biayanya biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan biaya pengelasan, dan perhitungannya berdasarkan dengan jumlah titik penyambungan, jadi kalau titik yang perlu di sambung banyak, maka biayanya juga bertambah.

Kalau Kabel Listrik apakah boleh disambung?

Penyambungan kabel diwajibkan diisolasi menggunakan lakban. Kabel yang aman adalah kabel yang pastinya terlindungi. Pada kabel yang disambung perlu dikupas terlebih dahulu, karena lakban berfungsi untuk membungkus kabel supaya terlindungi.

Jika tidak ada lakban kalian juga bisa gunakan lasdop. Cara penggunaannya yaitu dengan memasukkan kabel yang sudah tersambung ke dalam lasdop, untuk melindungi kabel supaya aman dari sentuhan luar.

Apapun yang kalian gunakan baik lakban atau lasdop sama-sama aman dalam melakukan penyambungan kabel. Dan caranya juga harus benar. Kalau pakai lakban kalian harus pastikan lapisannya sudah rapi dan juga dilakban berlapis-lapis sehingga lebih aman. Sedangkan kalau menggunakan lasdop pastikan sudah kencang supaya sambungannya kuat dan tahan.

Sekian artikel yang torang kase mengenai Apakah bisa Pipa AC di sambung ? semoga artikel yang torang bagikan dapat bermanfaat bagi sobat swissbaru.com. Jangan lupa for share artikel ini supaya orang yang belum mengetahui Apakah bisa Pipa AC di sambung ? dan bisa mencoba tips yang kami tulis. Terima kasih ^_^

Ada banyak tips-tips menarik yang perlu kalian ketahui tentang AC, kalian bisa baca melalui artikel Swissbaru.com. Kalo ngoni mo beli AC bisa dapatkan di toko Swiss Baru Manado banyak berbagai macam merk dan garansi resmi dari masing-masing merk. Kalian bisa cek Di Sini.

ALAMAT TOKO (Link Google Maps):

Swiss 45
https://g.page/swissbaru
(sesudah presiden sebelum jalan roda pas di bok jalan)
WA Toko Swiss 45 https://wa.me/6282346957090

Swiss Kairagi
https://goo.gl/maps/CS2aqp65wVY2Mswo8
(kalau dari pusat kota, sebelah kiri sebelum pomben poli/lippo plaza)
WA Toko Swiss Kairagi https://wa.me/6281251191189

Kalau mau order online le boleh, langsung klik jo torang pe WA : 085342848866. (Nda perlu save no, langsung bisa chat). Dalam kota Manado free ongkir dan boleh bayar pas barang sampai (khusus pembayaran tunai)

Atau kunjungi tokopedia toko swiss baru di https://www.tokopedia.com/swisselectronics

Check Also

Berapa Lama Freon AC Bisa Bertahan

Hai #Sahabatswiss… apakah Kalian sudah tahu freon AC tahan berapa lama ? Marijo baca sampe …