Penyebab AC Mengeluarkan Asap

Hallo Sahabat Swiss…

Walaupun termasuk kejadian yang jarang mo terjadi, tapi ada kemungkinan AC di rumah pa ngoni mengeluarkan asap. Tentunya mo beking panik, serta menjadi pertanda kalo ngoni harus segera melakukan service AC.

Baca Juga : Beli AC Daikin Inverter Bawa Pulang Air Purifier

Tapi, hal yang perlu ngoni ketahui yakni apa depe penyebab AC mengeluarkan asap? Tentunya, dengan mengetahui depe penyebab, ngoni juga dapat melakukan tindakan pencegahan supaya hal tersebut nyanda terjadi, atau nyanda terulang kembali.

Berikut ini ada beberapa penyebab keluarnya asap dari AC di ruangan kalian.

Penyebab AC Rumah Keluar Asap

1. Kebocoran Freon

Ini dianggap penyebab yang paling sering ditemukan for AC yang tiba-tiba mengeluarkan asap.  Jika terjadi kebocoran pasti ada banyak hal yang terjadi. Contohnya, AC akan bekerja kurang optimal, sehingga udara yang dikeluarkan panas. Nyanda hanya itu, freon yang bocor juga dapat menyebabkan keracunan serta dampak berbahaya.

Baca Juga : Harga Mesin Cuci Top Load AQUA di Manado

Selain itu, kebocoran freon dapat menyebabkan AC mengeluarkan asap. Kondisi itu mungkin terjadi karena freon memantik api serta membuat AC menjadi berasap. Jika hal itu terjadi, maka akan sangat penting for mematikan AC terlebih dulu, lalu menghubungi service AC for segera menyelesaikan masalah kebocoran AC.

2.  Arus Pendek

Ini juga cukup berbahaya, bahkan dapat mengakibatkan kebakaran. Selain mengeluarkan asap, akan timbul aroma nyanda sedap seperti kabel yang terbakar. Jika hal itu terjadi, maka kalian harus segera memadamkan listrik di rumah dan juga memanggil service AC.

Setidaknya ngoni dapat mencabut colokan AC for kase mati. Jika muncul api, maka lakukan tindakan penyelamatan dengan menggunakan kain yang basah. Arus pendek mungkin dapat terjadi karena ada kabel yang terbuka. Karena muncul arus pendek ini, maka mo terjadi korsleting listrik yang akibat ada komponen di dalam AC yang menjadi rusak.

Baca Juga : Solusi AC Rusak Tidak Mau Menyala

3. Gesekan Kipas

Jika ada masalah pada kipas, misalnya karet yang so longgar, bisa menyebabkan gesekan kipas ketika dinyalakan. Hal tersebut juga dapat menyebabkan keluar asap dari AC ketika dinyalakan. Jika hal itu terjadi, segera padamkan AC dan lakukan pergantian komponen dengan service AC yang so berpengalaman.

4. Kotoran di Evaporator

Ini dapat menjadi penyebab utama, dan kotornya evaporator terjadi karena jarang melakukan pembersihan serta cuci AC. Evaporator yang kotor menjadikan proses pembacaan oleh thermostat menjadi nyanda baik, lalu kompresor nyanda bekerja dengan baik juga. Depe hasil, angin yang dikeluarkan berbentuk asap.

Penyebabnya yakni, saluran keluar udara tertutup dengan debu dan juga kotoran yang bertumpuk. Hasilnya, saluran udara akan tersumbat. Kemudian, mo muncul gumpalan es yang memenuhi saluran keluar, hasilnya akan muncul seperti asap kabut dari saluran keluar tersebut.

Baca Juga : Daftar Harga AC di Manado 2022

Itu tadi beberapa hal yang dapat menyebabkan AC kalian mengeluarkan asap dan cara mengatasinya yang bisa sahabat swissbaru coba.

Jangan lupa kunjungi artikel swissbaru.com for dapatkan artikel menarik lainnya mengenai produk, promo, Permasalahan AC, serta informasi lainnya seputar elektronik.

ALAMAT TOKO (Link Google Maps):

Swiss 45
https://g.page/swissbaru
(setelah presiden sebelum jalan roda pas di bok jalan)
WA Toko Swiss 45 https://wa.me/6282346957090

Swiss Kairagi
https://goo.gl/maps/CS2aqp65wVY2Mswo8
(kalo dari pusat kota, sebelah kiri sebelum pomben poli/lippo plaza)
WA Toko Swiss Kairagi https://wa.me/6281251191189

Pesan sekarang lewat online langsung klik jo torang pe WA : 085342848866  Kalau dalam kota Manado free ongkir dan bisa bayar pas barang sampai (khusus pembayaran tunai)

Like, Follow, dan Comment setiap postingan terbaru kami di Tokopedia dan dapatkan all discount product untuk setiap pembelian.

Check Also

Cara Mengatasi Pembuangan AC Yang Tersumbat

Hallo Sobat Swissbaru… Pembuangan AC tersumbat yang dibiarkan dapat mengakibatkan masalah lain yang pasti lebih …