Kelebihan dan Kekurangan Dispenser Kompresor: Mana yang Lebih Baik?

Dispenser air minum merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang wajib dimiliki. Alat ini berfungsi untuk menyediakan air minum dingin, hangat, atau biasa dengan mudah dan cepat. Dispenser air minum tersedia dalam berbagai jenis, salah satunya adalah dispenser kompresor.

Dispenser kompresor adalah jenis dispenser yang menggunakan kompresor untuk mendinginkan air. Kompresor akan menekan udara di dalam tabung pendingin, sehingga suhu air di dalam tabung akan turun. Air dingin kemudian disalurkan ke keran air dingin.

Dispenser kompresor memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan jenis dispenser lainnya. Berikut ini adalah penjelasannya:

Kelebihan Dispenser Kompresor

Air dingin lebih cepat

Dispenser kompresor dapat menghasilkan air dingin lebih cepat dibandingkan dengan dispenser non kompresor. Hal ini karena kompresor dapat mendinginkan air dengan cepat. Air dingin dapat keluar dalam waktu sekitar 3-5 menit, sedangkan dispenser non kompresor membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit.

Air dingin lebih segar

Air dingin yang dihasilkan oleh dispenser kompresor lebih segar dibandingkan dengan air dingin yang dihasilkan oleh dispenser non kompresor. Hal ini karena air dingin dari dispenser kompresor tidak mengalami kontak langsung dengan udara, sehingga tidak terkontaminasi oleh bakteri atau debu.

Fungsi lengkap

Dispenser kompresor biasanya memiliki fungsi yang lebih lengkap dibandingkan dengan dispenser non kompresor. Selain memiliki keran air dingin dan air biasa, dispenser kompresor juga biasanya memiliki keran air hangat.

Fungsi tambahan

Selain fungsi utama untuk menyediakan air minum dingin, hangat, atau biasa dengan mudah dan cepat, dispenser kompresor juga memiliki beberapa fungsi tambahan, seperti:

Menjaga suhu air tetap dingin

Dispenser kompresor dapat menjaga suhu air tetap dingin, bahkan saat air dalam tabung pendingin sudah habis. Hal ini karena kompresor akan terus bekerja untuk mendinginkan air.

Mencegah pertumbuhan bakteri

Dispenser kompresor dapat mencegah pertumbuhan bakteri di dalam tabung pendingin. Hal ini karena air dingin yang dihasilkan oleh dispenser kompresor tidak mengalami kontak langsung dengan udara.

Kekurangan Dispenser Kompresor

Daya listrik lebih besar

Dispenser kompresor membutuhkan daya listrik yang lebih besar dibandingkan dengan dispenser non kompresor. Hal ini karena kompresor membutuhkan daya listrik untuk bekerja. Daya listrik dispenser kompresor biasanya berkisar antara 120-150 watt, sedangkan dispenser non kompresor hanya membutuhkan daya listrik sekitar 50-70 watt.

Harga lebih mahal

Dispenser kompresor biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan dispenser non kompresor. Hal ini karena dispenser kompresor memiliki fitur dan teknologi yang lebih canggih. Harga dispenser kompresor biasanya berkisar antara Rp 1,5 juta hingga Rp 3 juta, sedangkan dispenser non kompresor hanya membutuhkan harga sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta.

Kesimpulan:

Dispenser kompresor memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda membutuhkan dispenser yang dapat menghasilkan air dingin dengan cepat dan segar, maka dispenser kompresor adalah pilihan yang tepat. Namun, jika Anda membutuhkan dispenser yang hemat daya listrik dan hemat air, maka dispenser non kompresor adalah pilihan yang lebih tepat.

Keputusan pembelian

Pada akhirnya, keputusan untuk membeli dispenser kompresor atau dispenser non kompresor tergantung pada kebutuhan dan anggaran Anda. Jika Anda membutuhkan dispenser yang dapat menghasilkan air dingin dengan cepat dan segar, maka dispenser kompresor adalah pilihan yang tepat. Namun, jika Anda membutuhkan dispenser yang hemat daya listrik dan hemat air, maka dispenser non kompresor adalah pilihan yang lebih tepat.

Merek dispenser kompresor yang di jual di toko Swiss Baru Manado antara lain:

  • Sanken
  • Sharp
  • Gea

Ketiga merek tersebut merupakan pemain utama dalam hal  penjualan dispenser, Sanken memiliki paten teknologi dispenser dengan dua galon atas dan bawah sehingga apabila lampu padam, maka tidak perlu khawatir galon akan kehabisan air karena terdapat tambahan galon pada bagian atas sehingga air akan tetap mengalir pada saat kita mengambil air. For ngoni yang di kota Manado kalau mau info lengkap tipe dispenser kompresor yang ready stok langsung klik jo torang pe WA : 085342848866. Nanti ada sales representatif di toko yang pasti dengan senang hati membantu.

Tips memilih dispenser kompresor

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih dispenser kompresor yang tepat:

Pertimbangkan kebutuhan Anda

Pertama, tentukan kebutuhan Anda akan dispenser. Apakah Anda membutuhkan dispenser dengan fungsi yang lengkap, atau cukup dengan fungsi dasar? Apakah Anda membutuhkan dispenser yang dapat menghasilkan air dingin yang sangat cepat?

Bandingkan harga

Bandingkan harga berbagai merek dan model dispenser kompresor sebelum Anda membelinya. Anda dapat mencari informasi harga dispenser kompresor di internet atau di toko-toko elektronik.

Baca ulasan

Baca ulasan dari para pengguna dispenser kompresor sebelum Anda membelinya. Ulasan ini dapat membantu Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan berbagai merek dan model dispenser kompresor.

Pertimbangkan garansi

Pertimbangkan garansi yang ditawarkan oleh produsen dispenser kompresor. Garansi ini dapat melindungi Anda jika dispenser kompresor mengalami kerusakan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memilih dispenser kompresor yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Check Also

Perbedaan TV QLED dan OLED

Memahami Perbedaan TV QLED dan OLED: Pemilihan Pintar untuk Pengalaman Menonton Terbaik

Pendahuluan Halo #SahabatSwiss!!! Pasti yang buka artikel ini adalah orang yang suka menonton TV dan …