Perbedaan Antara Mesin Cuci Top Loading dan Front Loading

Terdapat tiga jenis mesin cuci yang banyak digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, yaitu mesin cuci top loading dan front loading (top loading = bukaan atas, front loading = bukaan depan) dan satu lagi adalah ttwin tube (2 tabung atau manual) dalam artikel ini akan di jelaskan perbedaan antara mesin cuci top loading  dan front loading.

Mesin Cuci Top Load dan Front Load kadang menjadi pertibangan orang dalam membeli mesin cuci dari tiga jenis mesin cuci di atas, karena kedua nya adalah mesin cuci automat yang dimana Kedua mesin cuci ini punya keunggulan masing-masing. Ada beberapa pertimbangan utama yang menjadi pilihan calon pengguna dalam menentukan pembelian mesin cuci.

Berikut ini Perbedaan Antara Mesin Cuci Top Loading dan Front Loading:

Tampilan :

Ilustrasi Mesin Cuci Top Load & Front Load

Mesin cuci bukaan atas atau top loading umumnya memiliki desain pintu setinggi pinggang dimana pintu nya di buka ke arah atas. Kelebihan dari mesin cuci ini adalah pengguna dapat memasukkan pakaian atau sabun cuci dari atas. Karena pintu terbuka ke arah atas, pakaian dan sabun cuci baju bisa pengguna tambahkan kapan saja pada bahkan pada saat proses mesin cuci sedang mencuci. Banyak orang yang menganggap mesin cuci jenis top loading lebih cocok untuk penggunaan rumah tangga karena kelebihan yang baru di sebutkan, yaitu cara cuci yang lebih mudah. Sedangkan pada mesin cuci bukaan depan, pintu memiliki tinggi selutut orang dewasa dengan tampilan transparan dan baju dimasukan ke dalam harus dengan cara jongkok atau duduk karena pintu berada di sisi body depan mesin cuci.

Pintu mesin cuci bukaan depan terdapat pada body samping mesin cuci dan karena pintu pada mesin cuci ini dibuka ke arah depan seperti pintu rumah, maka pakaian tidak bisa ditambahkan ketika siklus pencucian karena tentu saja air nya akan tumpah kemana-mana apabila di paksa untuk buka. Namun saat ini sudah ada merek mesin cuci front loading yang memiliki pintu tambahan agar mudah menambahkan pakaian yang ingin kita cuci ketika mesin cuci sedang bekerja. Toko Swiss Baru menjual mesin cuci front loading Samsung dengan fasilitas ini. Silahkan kunjungi toko elektronik terdekat dengan rumah anda, toko Swiss memiliki 2 cabang di kota Manado, yaitu 45 dan Kairagi link pada bagian bawah artikel ini.

Secara penampilan menurut tim toko Swiss Baru tampilan dari mesin cuci front load memang terlihat lebih mewah dan premium. Dengan pintu kaca pada sisi body menjadikannya terlihat mewah apabila di letakan pada area rumah yang dapat terlihat oleh orang lain.

Ukuran :

Mesin cuci top loading atau bukaan atas dapat dikatakan memiliki desain yang sedikit ramping dari segi kedalaman dan memiliki tinggi yang lebih tinggi dibanding mesin cuci bukaan depan karena mesin cuci top loading membutuhkan air lebih banyak di banding mesin cuci front loading. Sebaliknya mesin cuci front loading depan memiliki ketebalan / kedalaman mesin yang lebih dibandingkan mesin cuci bukaan atas. Hal ini karena cara mengakses pintu dari mesin cuci ini berada di depan mesin.

Kualitas Pencucian :

Mesin cuci top load menggunakan tabung besar di bagian dalam mesin cuci dan memiliki piringan pada bagian bawah bak pencuci untuk memutar pakaian melalui air dan deterjen. Mesin cuci top load memutar pakaian dengan cepat membuat resiko terlilitnya pakaian ketika sedang mencuci akan lebih besar namun pada beberapa merek tertentu masalah ini sudah di pecahkan dengan teknologi anti lilit seperti pada beberapa merek yang di jual di toko elektronik Swiss Baru. Silahkan klik disini untuk mengunjungi produk-produk mesin cuci yang di jual, atau silahkan kunjungi toko elektronik Swiss Baru yang terdekat dengan lokasi Anda.

Sementara mesin cuci front loading, proses pencucian di lakukan dengan cara pakaian di banting karena mesin berputar secara vertikal, teknologi ini terinspirasi pada cara mencuci pakaian dengan tangan di mana pakaian di banting agar cepat bersih. Efek putaran ini bersifat lembut pada muatan  mesin cuci sehingga mengurangi tekanan pada pakaian. Ini membuat pakaian jauh lebih awet dan lebih bersih.

Penggunaan Air dan Energi :

Mesin cuci front loading lebih hemat dari sisi penggunaan air di bandingkan dengan mesin cuci top loading. Sedangkan penggunaan listrik ini sangat tergantung dari kapasitas mesin cuci yang kita gunakan dan fasilitas yang tersedia serta teknologi masing-masing brand penjual mesin cuci. Kebanyakan mesin cuci front loading memiliki fasilitas mencuci menggunakan air panas, ini menyebabkan penggunaan listrik yang lebih besar di banding kan mesin cuci top load.

Apabila fungsi mencuci menggunakan air panas maka daya yang di butuhkan bisa mencapai 2000 watt pada mesin cuci bukaan depan. Akan tetapi apabila fungsi ini tidak di nyalakan maka penggunaan watt nya rata-rata bisa lebih kecil di banding mesin cuci top loading. Silahkan tanyakan info lengkap pada tim penjual di toko kami agar bisa mendapatkan informasi lebih lengkap sebelum Anda memutuskan untuk membeli mesin cuci. Info mengenai mesin cuci bisa menghubungi WA toko kami, silahkan klik link >>> https://wa.me/6285342848866 nanti langsung torang response lebih cepat

Pada mesin cuci top load yang mempunyai tabung yang menghadap ke arah atas, di butuhkan air sangat banyak untuk bisa memenuhi tabung mesin cuci tersebut agar dapat membersihkan pakaian di dalam mesin cuci. Mesin cuci top loading umum nya tidak memiliki fasilitas pencucian dengan air panas sehingga watt yang di butuhkan relatif lebih kecil.

Perawatan dan Perbaikan :

Mesin pada mesin cuci muatan atas atau top load relatif mudah untuk di perbaiki apabila memang ada kendala di kemudian hari. Anda bahkan dapat melakukan perbaikan dasar pada mesin cuci top load sendiri sebelum memutuskan untuk menghubungi service center resmi.

Sementara perawatan dan perbaikan mesin cuci front load cenderung lebih sulit dan membutuhkan tenaga profesionall sebaiknya yang di panggil adalah teknisi resmi merek mesin cuci yang anda beli.

Tapi jangan khawatir karena apabila anda berbelanja di toko Swiss Baru, pasti di sertai garansi resmi masing-masing merek dan di mana di kemudian hari ada kendala, Anda bisa langsung menghubungi call center resmi masing-masing merek atau hubungi kami langsung dan kami akan membantu proses pelaporan nya ke service center resmi.

Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai Perbedaan Antara Mesin Cuci Top Loading dan Front Loading, semoga dapat membantu dalam memutuskan mesin cuci mana yang anda butuhkan.

LAMAT TOKO (Link Google Maps):

Swiss 45 Open 10.00 – 18.00
https://g.page/swissbaru
(sesudah Presiden sebelum Jarod)
WA Toko Swiss 45 https://wa.me/6282346957090

Swiss Kairagi Open 10.00 – 19.00
https://goo.gl/maps/CS2aqp65wVY2Mswo8
(Sebelum Lippo Plaza/Pom bensin Poli, sebelah kiri jalan kalau dari pusat kota)
WA Toko Swiss Kairagi https://wa.me/6281251191189

Check Also

Perbedaan TV QLED dan OLED

Memahami Perbedaan TV QLED dan OLED: Pemilihan Pintar untuk Pengalaman Menonton Terbaik

Pendahuluan Halo #SahabatSwiss!!! Pasti yang buka artikel ini adalah orang yang suka menonton TV dan …