Kode Error pada mesin cuci Samsung dan cara mengatasinya

Pada prakteknya, untuk menggunakan mesin cuci tidak semudah yang dibayangkan. Kalian perlu mengetahui cara penggunaannya yang tepat serta menakar jumlah air atau deterjen.

Selain itu, kalian juga perlu mengestimasi waktu pencucian, memposisikan selang supaya tidak tersumbat agar hasil dari pencucian akan lebih optimal. Untuk kalian yang baru pertama kali menggunakan mesin cuci Samsung, berikut ini adalah beberapa kode error yang sering kalian temukan di mesin cuci, serta bagaimana cara mengatasinya ini yang perlu kalian ketahui.

Baca Juga : Cara membersihkan mesin cuci

Kode Error pada Mesin Cuci Samsung serta cara mengatasinya


Sumber : Samsung

  1. DE (Door Error) : Pintu  yang belum tertutup dengan rapat, kalian harus memastikan pintu tertutup dengan rapat.
  2. 4E (Water Supply Error) : Pastikan air yang di keran harus bertekanan 50-800Kpa dan juga selalu terbuka.
  3.  5E (Drain Error) : Bersihkan saringan pembuangan, serta pastikan selangnya terpasang dengan baik dan benar, dan tidak ada yang menyumbat saluran pembuangan.
  4. UE (Unbalance Error) : Mesin bekerja secara tidak seimbang, akan memungkinkan mesin berdiri dengan tidak stabil, cucian akan mengumpal/kusut. Solusi nya, berhenti dulu dalam proses mencuci serta keluarkan pakaiannya lalu masukan kembali satu persatu.
  5. SUD (Foaming Detected) : Sabun yang terlalu banyak sampai kelebihan busa sabun, biarkan mesin ini bekerja sendiri for mengurangi busa serta akan berjalan dengan normal kembali.
  6. UC (Power Error) : Tegangan listrik di rumah kalian lagi tidak stabil sehingga secara otomatis perangkat dari mesin akan menunda proses pencucian untuk melindungi dari kerusakan dan kembali bekerja jika tegangan listrik sudah kembali normal.
  7. LE / LE1 (Water Leakage  Error) : Ini terjadi karena busa yang terlalu banyak deterjen, sehingga penutup filter pada pompa pembuangan atau pengeringan terlepas, dan ada kebocoran air terjadi pada selang pembuangan.
  8. OE / OF (Overflow Error) : Pasokan air yang bekerja secara terus – menerus karena pendeteksi level air yang tidak bekerja, dapat juga dikarenakan selang pembuangan terlipat sehingga air tidak akan keluar dengan lancar.
  9. 4C (Kode error yang disebakan suplai air tidak tersedia) :• Pastikan air keran terbuka• Pastikan selang air tidak tersumbat• Pastikan keran air tidak membeku

    • Pastikan mesin cuci beroperasi dengan tekanan air yang cukup

    Catatan : Ketika mesin cuci menampilkan error : 4C, mesin cuci melakukan pengurasan selama 3 menit. Selama 3 menit tombol Power tidak akan berfungsi

  10. 4C2 : Pastikan selang pasokan air dingin tersambung kuat ke keran air dingin. Jika terhubung ke keran air panas, cucian bisa berubah bentuk dengan beberapa siklus.
  11. 5C (Kode error yang disebakan air tidak mengering) :• Pastikan selang pembuangan yang tidak tersumbat• Pastikan selang pembuangan yang posisikan dengan benar• Bersihkan filter serpihan karena bisa menyumbat selang pembuangan

    • Pastikan selang pembuangan diluruskan sampai ke sistem pembuangan

  12. DC (Kode error disebabkan mengoperasikan pengering dengan pintu yang terbuka) :• Pastikan pintu tertutup dengan benar• Pastikan cucian tidak terjepit pintu
  13. HC (Kode error disebabkan oleh Heater Control) : Bersihkan wadah saringan atau kondesor.
  14. LC / LC1 (Kode error disebabkan pada selang pembuangan) :• Pastikan ujung selang pembuangan ditempatkan dilantai• Pastikan selang pembuangan tidak tersumbatCatatan : Ketika mesin cuci menampilkan kode LC ini, mesin cuci melakukan pengurasan selama 3 menit. Selama waktu yang di tentukan tombol Power tidak akan berfungsi.
  15. UB (Kode error disebabkan spinning tidak berfungsi) :• Pastikan cucian tersebar merata• Pastikan mesin cuci berada di permukaan datar serta stabil• Mendistribusikan ulang beban. Jika hanya dengan satu item pakaian yang perlu dicuci, hasil putaran akhir mungkin tidak akan memuaskan, serta pesan cek “UB” akan ditampilkan di layar
  16. 1E (Kode error yang disebabkan water level sensor) :• Pastikan selang penyuplai air tidak akan tersumbat dengan barang asing• Pastikan selang penyuplai air tidak terjepit atau terlipat, sehingga dapat menyumbat penyuplaian air ke mesin cuci• Pastikan selang penyuplai air tidak lepas dari sumber air dan keran air
  17. 5D (Kode error disebabkan pada saluran pembuangan tersendat) :• Pastikan apakah saluran pembuangan motor pompa tertahan atau tersumbat olehbahan asing.• Pastikan apakah koneksi kabel motor drain atau pengering sudah benar, dan periksa kabel tidak ada kabel putus.

    • Ketika suhu air pada penampungan air  tinggi/panas terkadang menyebabkan pompa pembuangan beroperasi dengan tidak normal.

Inilah 17 kode error yang ada pada mesin cuci samsung dan cara mengatasinya. Jika ngoni so mengetahui permasalahan pada mesin cuci sejak awal, kalian dapat meminimalisasi kemungkinan kerusakan parah yang perlu di tangani oleh teknisi sekalipun.

ALAMAT TOKO (Link Google Maps):

Swiss 45
https://g.page/swissbaru
(sesudah presiden sebelum jalan roda pas di bok jalan)
WA Toko Swiss 45 https://wa.me/6282346957090

Swiss Kairagi
https://goo.gl/maps/CS2aqp65wVY2Mswo8
(kalau dari pusat kota, sebelah kiri sebelum pomben poli/lippo plaza)
WA Toko Swiss Kairagi https://wa.me/6281251191189

Kalau mau order online le boleh, langsung klik jo torang pe WA : 085342848866. (Nda perlu save no, langsung bisa chat). Kalau dalam kota Manado free ongkir dan bisa bayar pas barang sampai (khusus pembayaran tunai)

Jangan lupa, peralatan elektronik lainnya dengan harga termurah kunjungi tokopedia toko swiss baru di https://www.tokopedia.com/swisselectronics

Check Also

Cara Mengatasi Pintu Kulkas Yang Tidak Tertutup Rapat

Hallo Sobat Swiss Baru… Jangan panik kalo ngoni pe pintu kulkas nyanda boleh tertutup rapat. …