Apa Itu AC Inverter?

AC Inverter – Air Conditioner (AC) dapat dikatakan sebagai kebutuhan primer untuk sebagian orang. Hal ini disebabkan oleh faktor cuaca yang sekarang ini nyanda menentu sehingga hanya AC yang dapat memberikan kenyamanan dengan menjadikan suhu ruangan yang lebih stabil. Bahkan, ngoni dapat liat hampir semua fasilitas publik menggunakan AC seperti Sekolah, Mall, kantor, dan sebagainya.

Tapi, ngoni perlu tahu bahwa AC menjadi penyebab utama dari permasalahan tingginya harga listrik? Depe solusinya, ngoni dapat gunakan AC inverter yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan AC konvensional (non-inverter).

Baca Juga : 7 Jenis AC sesuai dengan kebutuhan

Apa itu AC Inverter?

Sumber Gambar : Istockphoto

AC inverter merupakan AC yang menggunakan teknologi yang lebih canggih dibandingkan dengan AC biasa. Teknologi yang ada pada AC inverter memiliki cara khusus di dalam pengoperasian AC, yakni bisa mengubah tegangan listrik bolak-balik menjadi tegangan listrik yang searah, sehingga hal ini dapat menyebabkan konsumsi listrik menjadi lebih irit untuk jangka yang panjang.

Manjo, simak beberapa keunggulan serta perbedaan AC inverter dengan AC non inverter berikut ini!

Perbedaan AC Inverter dan Non Inverter

Sumber Gambar : Istockphoto

1. Lebih Cepat Dingin

AC memiliki fungsi untuk menjaga suhu ruangan supaya tetap stabil. Tentunya, semakin cepat ruangan dingin maka akan menjadi lebih baik. Hal ini paling dirasakan oleh pengguna AC inverter, karena hanya dengan menunggu nyanda lama, maka ruangan akan langsung terasa sangat sejuk. Sehingga ngoni akan merasa nyaman dan dapat melakukan aktivitas apapun tanpa merasa kepanasan.

Hal ini disebabkan AC inverter menggunakan tarikan listrik awal yang cukup besar untuk membuat suhu ruangan dingin dengan cepat. Berbeda dengan AC non inverter yang membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai suhu yang diinginkan.

2. Teknologi Manajemen Kompresor yang Mumpuni

Setiap AC pasti memiliki kompresor, kalo tanpa kompresor AC nyanda akan bisa beroperasi. Kompresor merupakan komponen penting dalam penggunaan AC. Kualitas kompresor akan terlihat dari udara yang dihasilkan. Apabila kompresornya memiliki kualitas yang baik, maka suhu yang ada pada ruangan akan terjaga dan juga stabil. Begitu pula sebaliknya.

Kompresor akan bekerja dengan secara maksimal ketika AC dinyalakan hingga suhu yang diharapkan. Pada AC inverter, setelah mencapai suhu yang diharapkan, maka kompresor akan secara otomatis menurunkan daya pendinginan sehingga udara yang dihasilkan tetap stabil serta energi yang terpakai lebih sedikit.

Berbeda dengan AC non-inverter, kompresor akan mati kalau suhu yang dihasilkan sudah sesuai dengan yang diharapkan dan akan kembali menyala lagi pada saat suhu ruangan berubah pada derajat tertentu. Sehingga cara kerja pada AC ini akan terus nyala-mati selama durasi penggunaan.

3. Lebih Hemat Energi

Mengingat AC inverter memiliki kompresor yang canggih, maka nda mo heran kalo AC inverter ini pasti hemat energi. Hal ini disebabkan proses pendinginannya yang relatif lebih cepat, secara otomatis menurunkan daya pendinginannya ketika so mencapai suhu yang diinginkan sehingga akan lebih hemat energi.

Itulah kenapa AC inverter lebih hemat, karena kalo dibandingkan dengan AC non inverter untuk ukuran 1 Pk bisa memakan daya sampai 900 Watt dan ini cukup besar.

Sedangkan AC inverter dengan ukuran 1 Pk yang memakan daya sampai 700 Watt saja. Jauh sekali toh depe perbedaan? Sehingga hal ini menjadi alasan utama mengapa AC inverter lebih hemat biaya listrik.

4. Hemat Biaya Listrik

Tentunya, semakin banyak energi yang dihasilkan maka akan berpengaruh pada biaya listrik. Semakin sedikit energi listrik yang digunakan, maka akan semakin sedikit tagihan biaya listriknya sehingga memakai AC inverter dapat menekan angka pengeluaran tagihan listrik.

50% dari tagihan listrik berasal dari penggunaan AC. Sehingga dengan memiliki AC yang hemat energi bisa menekan 30-40% biaya listrik. Lumayan kan?

5. Suara yang Tidak Bising

AC non inverter biasanya menimbulkan suara yang cukup keras pada saat bekerja. Umumnya, suara yang dihasilkan terasa bising kalo terdengar terus-menerus dan hal ini paling banyak dirasakan bagi pengguna AC non inverter.

Berbeda dengan AC inverter yang menggunakan kompresor berkualitas baik, sehingga tarikan mesin lebih ringan serta suara yang ditimbulkan ketika bekerja lebih senyap.

Itulah penjelasan tentang AC inverter dan juga perbedaannya dengan non-inverter yang bisa ngoni jadikan referensi sebelum membeli AC. Yuk, temukan AC idaman yang berkualitas dengan harga terjangkau hanya di Toko Swiss Baru Elektronik!

ALAMAT TOKO (Link Google Maps):

Swiss 45
https://g.page/swissbaru
(sesudah presiden sebelum jalan roda pas di bok jalan)
WA Toko Swiss 45 https://wa.me/6282346957090

Swiss Kairagi
https://goo.gl/maps/CS2aqp65wVY2Mswo8
(kalau dari pusat kota, sebelah kiri sebelum pomben poli/lippo plaza)
WA Toko Swiss Kairagi https://wa.me/6281251191189

Kalau mau order online le boleh, langsung klik jo torang pe WA : 085342848866. (Nda perlu save no, langsung bisa chat). Dalam kota Manado free ongkir dan boleh bayar pas barang sampai (khusus pembayaran tunai)

Atau kunjungi tokopedia toko swiss baru di https://www.tokopedia.com/swisselectronics

Check Also

Solusi AC Rusak Tidak Mau Menyala

Hallo Sobat Swiss Baru… AC yang so mati total di tengah kegiatan yang sibuk pasti …