Cara Membersihkan AC Yang Benar

Suhu udara yang semakin hari semakin panas membuat torang suka selalu menyalakan AC. Tapi, jangan cuma asal pakai! Supaya kualitas udara yang ada di ruangan pa ngoni tetap terjaga, kalian perlu tahu cara merawat serta membersihkan AC di rumah dengan baik. Nah, daripada harus kase kaluar doi for bayar jasa tukang, nda ada salahnya untuk membersihkannya sendiri. Ayo, simak bagaimana cara membersihkan AC sendiri di bawah ini!

Baca Juga : Kapan Sebaiknya Mengganti Filter AC di Rumah?

Kenapa AC harus dibersihkan secara rutin?

Ilustrasi istockphoto

Ketika udara sedang panas, kalian mungkin lebih memilih pake AC daripada kipas angin. Tidak cuma mo pake, mengetahui bagaimana cara menjaga kebersihan AC di rumah sangat penting. Pasalnya, AC yang bersih tidak hanya bermanfaat untuk menjaga fungsi serta kinerjanya, tetapi juga akan berpengaruh secara langsung pa ngoni pe kesehatan.

Kalo nda mo rawat secara berkala, AC bisa menjadi sarang kuman serta debu yang tentunya bisa berpengaruh pada kebersihan dirumah. Kotoran tersebut kemudian bisa disebarkan kembali ke seluruh ruangan sehingga masuk melalui indra penciuman.

Di sisi lain juga, debu yang kalo dibiarkan terus akan menumpuk pada filter AC juga bisa membuat beban kerjanya semakin berat. Akibatnya, AC nyanda dapa bekerja dengan maksimal sehingga bisa meningkatkan daya listrik yang terpakai. Kalo so bagini, bersiaplah mo mengeluarkan uang lebih banyak dikarenakan tagihan listrik yang  membengkak.

Cara tepat membersihkan AC

Ilustrasi Istockphoto

Sebelum mo mulai, pastikan dulu ngoni pe AC dalam keadaan mati. Selanjutnya, siapkan alat-alat tempur yang diperlukan for membersihkan ngoni pe AC:

  • Kemoceng
  • obeng
  • sikat gigi
  • cairan pembersih
  • vacuum cleaner
  • air
  • dan lap

Supaya lebe aman, jangan lupa pake masker penutup mulut serta sarung tangan. Setelah semua so siap, maka simaklah cara membersihkan AC seperti berikut ini.

1. Membuka Penutup AC

Buka terlebih dahulu casing atau penutup AC dengan menggunakan obeng secara perlahan-lahan. Kalau penutup so ta buka, ngoni akan langsung melihat filter AC. Pastikan ngoni cek apakah ada kerusakan atau tidak pada bagian filter AC. Jika filter terlihat sobek, segera buang serta ganti dengan filter yang baru.

2. Membersihkan filter

Cara selanjutnya yakni membersihkan filter AC. Langkah ini dapat ngoni lakukan jika tidak menemukan ada kerusakan pada filter. Filter bisa dibersihkan dari debu yang menumpuk dengan menggunakan sikat gigi, kuas, lap yang basah, ataupun alat penyedot debu.

3. Melepas filter AC

Pilihan alternatif for membersihkan filter yakni dengan melepasnya dari AC, kemudian cuci filter dengan cara direndam. Pada saat merendam filter AC, kalian sebaiknya menggunakan larutan pencuci khusus.

4. Gosok filter dengan perlahan

Pada saat direndam, kalian juga dapat menggosok filter AC dengan lembut. Pakailah sikat gigi untuk membersihkan filter dari kotoran yang membandel. Pastikan kalian tidak menggosok terlalu keras. Pasalnya, hal tersebut akan berisiko merusak filter AC kalian.

5. Keringkan filter AC

Langkah selanjutnya pada saat membersihkan filter AC yakni mengeringkannya dengan cara dianginkan sejenak. Pastikan kalian mengeringkan filter di tempat yang bersih untuk mencegah kotoran yang menempel.

6. Bersihkan juga bagian lainnya pada AC

Selain filter, kalian juga perlu memperhatikan area lainnya pada AC. Gunakan kain lap kering for kase bersih area pada sela-sela AC untuk memastikan bagian tersebut benar-benar bersih dari kotoran.

7. Kembalikan filter ke dalam AC

Setelah selesai membilas serta menggosoknya, langkah selanjutnya yakni pasang filter AC ke tempat semula. Tapi, pastikan dulu filter so benar-benar bersih dan kering sebelum dipasang. Hal ini penting untuk mencegah area filter AC menjadi tempat kuman berkembang biak.

Selanjutnya, kalian bisa mengetes dengan menyalakan AC. Jika udara so terasa dingin serta segar kembali, ini artinya proses bersih-bersih AC so selesai. Jangan lupa untuk cuci tangan kalo so selesai bersihkan AC.

Bagian AC yang dibahas dalam artikel ini adalah unit indoor. Sementara itu, untuk unit outdoor AC, sebaiknya dibersihkan oleh tenaga profesional supaya lebe aman.

Baca Juga : Harga AC 1/2 PK di Manado

Cara mengetahui kapan harus membersihkan AC

Idealnya, kalian rutin mencuci filter AC setiap 1 bulan sekali. Tapi, kalian juga dapat langsung segera melakukan cara bersihkan AC di rumah seperti yang telah dijelaskan di atas jika terdapat tanda-tanda seperti berikut.

1. Kotoran terlihat di bukaan AC

Apabila ngoni menyadari ada titik-titik hitam pada bagian bukaan AC, itu artinya kemungkinan besar filter AC kalian sudah harus dibersihkan. Titik-titik hitam tersebut bisa jadi pertanda adanya penumpukan jamur atau lumut yang ada di dalam AC.

2. Air menetes dari AC

Jika kalian menemukan tetesan air keluar dari AC, hal tersebut menandakan filter AC kalian sudah kotor. Filter AC yang kotor membuat udara tidak bisa lewat dengan baik. Akibatnya, air pun bisa menetes dari AC.

Itulah beberapa tips yang dapat ngoni terapkan pada saat membersihkan AC sendiri di rumah. Jika kalian sedang mencari AC yang harganya terjangkau, kalian bisa miliki di Toko swiss elektronik dengan berbagai merk yang ternama serta mempunyai Garansi dari masing-masing merk. Jadi ngoni nda perlu khawatir ne.

ALAMAT TOKO (Link Google Maps):

Swiss 45
https://g.page/swissbaru
(sesudah presiden sebelum jalan roda pas di bok jalan)
WA Toko Swiss 45 https://wa.me/6282346957090

Swiss Kairagi
https://goo.gl/maps/CS2aqp65wVY2Mswo8
(kalau dari pusat kota, sebelah kiri sebelum pomben poli/lippo plaza)
WA Toko Swiss Kairagi https://wa.me/6281251191189

Kalau mau order online le boleh, langsung klik jo torang pe WA : 085342848866. (Nda perlu save no, langsung bisa chat). Kalau dalam kota Manado free ongkir dan bisa bayar pas barang sampai (khusus pembayaran tunai)

Jangan lupa, peralatan elektronik lainnya dengan harga termurah kunjungi tokopedia toko swiss baru di https://www.tokopedia.com/swisselectronics

Check Also

Cara memperbaiki Antena TV Supaya Jernih

Hi #SahabatSwissbaru Gambar TV di rumah so slalu buram walaupun so dipasang antena? Jangan khawatir, …