Langkah yang Dilakukan Supaya Kulkas Bebas Bakteri

Menyimpan makanan di dalam kulkas tapi cepat busuk? Kulkas mengeluarkan bau yang tidak sedap? Itu karena bakteri yang so berkembang biak di dalam kulkas. Untuk mencegahnya, kalian perlu perhatikan langkah berikut supaya makanan yang disimpan dalam kulkas nyanda terkontaminasi atau bahkan menghasilkan bakteri.

Nah kali ini Swissbaru akan membahas tentang langkah supaya kulkas bebas dari bakteri, Yuk disimak!

Baca Juga : Penyebab Kulkas Tidak Dingin

1. Jangan Isi Kulkas Terlalu Penuh

Sumber Gambar : Istockphoto

Kulkas yang terisi makanan sampai penuh apalagi sampai overload, akan membuat bakteri mudah berkembang biak. Akibatnya makanan akan mudah busuk serta kulkas jadi berbau nyanda enak. Usahakan buat memberi ruang pada kulkas untuk sirkulasi udaranya.

2. Periksa Tanggal Kedaluwarsa

Sumber Gambar : Istockphoto

Sebelum mo menyimpan bahan makanan, khususnya yang berada di dalam kemasan, sebaiknya periksa terlebih dahulu depe tanggal kedaluwarsa. Makanan yang so kedaluwarsa, atau berkurang tingkat kesegarannya akan berpotensi meningkatkan pertumbuhan bakteri serta kuman yang berfungsi sebagai pengurai makanan.

3. Pisahkan Daging Mentah dari Bahan Makanan Lainnya

Sumber Gambar : Istockphoto

Daging sapi, kambing, ayam dan juga ikan akan lebih baik kalo disimpan di dalam kulkas dengan cara harus memisahkan dari bahan makanan yang lain. Usahakan juga untuk bahan makanan dari daging hewan tersebut ditempatkan pada wadah yang tertutup rapat.

Bekukan daging kalo hendak menyimpannya untuk waktu yang lama. Hal tersebut dilakukan supaya untuk mencegah daging terkontaminasi bakteri kulkas atau justru mengontaminasi bahan makanan lainnya.

4. Simpan Makanan dalam Wadah

Sumber Gambar : Istockphoto

Selain daging, bahan makanan lainnya juga lebih baik kalian tempatkan dalam wadah sebelum disimpan dalam kulkas. Bagi serta pisahkan bahan makanan supaya nyanda tercampur, setelah itu tutup rapat depe wadah. Langkah ini dilakukan supaya menjaga kelembaban kulkas sehingga perkembangbiakan bakteri dapat terhambat serta membantu kerja kompresor kulkas supaya lebih efektif.

5. Sesuaikan Suhu Kulkas

Sumber Gambar : Istockphoto

Langkah selanjutnya yakni penyimpanan makanan ke dalam kulkas yang nyanda tepat, dapat mengakibatkan penurunan pigmen dan juga terjadinya reaksi pencoklatan. Gejala ini dapat menyebabkan perubahan warna, perusakan gel, denaturasi protein, pengerasan makanan, serta timbulnya bau serta rasa yang menyimpang, dan juga berkurangnya kualitas nutrisi dari makanan.

6. Hindari Keluar Masuk Makanan

Sumber Gambar : Istockphoto

Hindari terlalu sering memasukan serta mengeluarkan makanan atau minuman dari dalam kulkas. Pada saat kalian mengeluarkan makanan atau minuman dari kulkas, metabolisme mikroba yang ada di dalamnya akan aktif kembali. Mikroba akan melakukan tugasnya untuk mengurai unsur-unsur dalam makanan dan minuman.  Ketika makanan dan minuman dimasukkan kembali dalam kulkas, metabolisme mikroba akan terhenti kembali.

Akan tetapi, kalo satu makanan terus menerus dikeluarkan dan juga dimasukkan dalam kulkas, maka mikroba akan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Potensi terjadinya mutasi pun akan lebih besar. Mikroba menjadi tahan terhadap suhu dingin dan juga terus menerus melakukan pembusukan. Proses inilah yang menjelaskan kenapa susu cair yang dimasukkan dan juga dikeluarkan terus menerus dari kulkas akan tetap basi.

7. Bersihkan Kulkas Secara Berkala

Sumber Gambar : Istockphoto

Lakukan pembersihan kulkas dengan secara berkala, contohnya dua minggu sekali. Pembersihan ini mencakup pencairan dari bunga es, pembersihan rak-rak, serta karet pada pintu kulkas. Gunakan bahan-bahan pembersih kalo ada terdapat noda membandel seperti jamur. Jangan lupa mengeluarkan semua isi kulkas sebelum kalian melakukan pembersihan dan juga bersihkan kulkas dalam kondisi kulkas mati.

Bagaimana sobat swissbaru.com ? Apakah informasi yang torang sampaikan bermanfaat? Kami harap dapat menjawab segala pertanyaan yang berkaitan dengan Langkah yang Dilakukan Supaya Kulkas Bebas Bakteri. Jangan lupa for baca update tentang kulkas atau informasi menarik menarik terkini dengan cara >>Klik Disini<<

ALAMAT TOKO (Link Google Maps):

Swiss 45
https://g.page/swissbaru
(sesudah presiden sebelum jalan roda pas di bok jalan)
WA Toko Swiss 45 https://wa.me/6282346957090

Swiss Kairagi
https://goo.gl/maps/CS2aqp65wVY2Mswo8
(kalau dari pusat kota, sebelah kiri sebelum pomben poli/lippo plaza)
WA Toko Swiss Kairagi https://wa.me/6281251191189

Kalau mau order online le boleh, langsung klik jo torang pe WA : 085342848866. (Nda perlu save no, langsung bisa chat). Dalam kota Manado free ongkir dan boleh bayar pas barang sampai (khusus pembayaran tunai)

Atau kunjungi tokopedia toko swiss baru di https://www.tokopedia.com/swisselectronics

Info terbaru lainnya mari jo pasiar pa torang pe facebook https://www.facebook.com/swissbaru kong jangan lupa like dan share ne

Check Also

Cara Mengatasi Pintu Kulkas Yang Tidak Tertutup Rapat

Hallo Sobat Swiss Baru… Jangan panik kalo ngoni pe pintu kulkas nyanda boleh tertutup rapat. …