Kapasitor AC Rusak Apakah Bahaya Bagi Kinerja AC ?

Hi #Sahabatswiss…

Kapasitor AC Rusak Apakah Bahaya Bagi Kinerja AC? – AC terdiri dari berbagai macam komponen yang penting. Salah satunya yaitu kapasitor. Dengan intensitas kerja yang tinggi, kapasitor AC rusak adalah hal yang so umum terjadi. Tapi, Don’t Worry. Pada artikel kali ini, torang mo kase sadiki informasi mengenai apa itu kapasitor dan depe kerusakan pada AC.

Baca Juga : Solusi AC Rusak Tidak Mau Menyala

Definisi Kapasitor AC

HVAC technician working on a capacitor part for condensing unit.

Kapasitor AC yakni suatu benda yang depe bentuk silinder atau rupa tabung kecil. Depe fungsi for menyalurkan energi ke motor, serta memberi daya pada sistem AC. Kapasitor AC ato dengan nama lain kapasitor running ini memberi dorongan awal pada AC saat kalian nyalakan. Serta memberi daya terus-menerus supaya AC bisa terus bekerja dengan baik.

Kapasitor AC sendiri termasuk dalam komponen penting pada AC yang sangat membantu kinerja AC. Dengan fungsinya yang so sangat penting tersebut, kapasitor rentan tehadap namanya kerusakan. Meski depe desain memiliki bentuk dan masa pemakaian yang so cukup lama, berbagai faktor bisa menjadi penyebab kerusakan pada bagian komponen kapasitor ini.

Pada AC, kapasitor terdiri dari 2 jenis yaitu kapasitor kipas ato kapasitor fan, serta kapasitor kompresor. Dengan nama yang berbeda, tentu masing-masing kapasitor so memiliki tugas yang beda tapi memiliki fungis yang amper sama.

Kerusakan pada komponen kapasitor ini bisa mengakibatkan AC nyanda bisa mengeluarkan udara dingin, sehingga proses pendinginan dalam ruangan atau area dimana AC dipasang menjadi nyanda optimal serta efisien.

Gejala Kerusakan Kapasitor AC

Ada beberapa gejala kerusakan yang ada pada kapasitor yang bisa ngoni rasakan langsung saat ngoni pe AC kase manyala. Gejala tersebut yakni :

  • AC nyanda bisa mo kase manyala dalam jangka waktu yang cukup lama walau listrik di rumah atau sekitar AC berjalan dengan baik.
  • AC secara otomatis mo mati tanpa timer.
  • Mo kaluar hawa panas dari AC secara terus-menerus.
  • Mo suara dengung dari dalam AC pada saat dinyalakan.
  • Terdapat jeda waktu yang so cukup lama for AC bekerja setelah dinyalakan.

                      Baca Juga : Alasan Harus Memilih AC AUX

Menguji Kerusakan Kapasitor AC

Untuk menguji kerusakan pada kapasitor AC, ngoni bisa memperhatikan bagian ventilasi for kipas di atas unit. Jika fan nyanda ba putar, cari benda yang panjang dan tipis seperti tang ato obeng dan putar perlahan salah satu bilah kipas tersebut.

Jika kipas so mulai berputar, maka kemungkinan terjadi gangguan pada komponen kapasitor AC kalian. Adanya kerusakan atau gangguan pada kapasitor Ac bisa menimbulkan suara dari dalam AC, tapi AC tetap nyanda bisa bekerja dengan baik.

Dampak Kerusakan Kapasitor AC

Adanya kerusakan pada kapasitor bisa menyebabkan nyanda maksimalnya, atau bahkan nyanda bekerjanya pendinginan oleh AC terhadap ruangan.

Kapasitor yang so rusak bisa menghambat kinerja AC. Pendingin ruangan akan mengeluarkan angin ato hawa yang panas daripada dengan hawa dingin yang pada umumnya. Jika kerusakan atau gangguan ini ngoni kase biar dengan secara terus-menerus maka bisa mengganggu kinerja AC. Ini menyebabkan kerusakan yang lebe besar pada komponen lainnya.

                       Baca Juga : Cara Mengatasi Pembuangan AC Yang Tersumbat

Untuk mengatasi masalah sama deng di atas, maka ngoni bisa lakukan penggantian kapasitor yang rusak dengan kapasitor yang baru supaya AC bisa bekerja dengan baik serta depe proses pendinginan juga bisa segera ngoni lakukan. Tapi, Jika ngoni merasa kesulitan for mengganti komponen kapasitor yang rusak, maka dapat menggunakan jasa atau layanan service AC.

Mengganti Komponen

Jika ngoni ada rencana for mengganti sendiri kapasitor yang rusak, maka ngoni musti memilih pengganti yang sesuai dengan kebutuhanAC. Faktor penting dalam pemilihan kapasitor AC yakni tegangan kerja serta microfarad (μF).

Tegangan kerja atau voltase nyanda musti sama dengan komponen kapasitor AC kalian, tapi tetap usahakan tegangan yang ada setidaknya sama, atau di atas dari tegangan asli kapasitor. Selain itu juga, microfarad juga musti menyerupai dengan kapasitor.

Pada umumnya, tegangan dan microfarad mo tatulis di bagian komponen kapasitor AC. Maka, sebelum mo beli depe pengganti, catat dulu model dan sistem AC yang ngoni miliki for memudahkan pembelian kapasitor nantinya.

Ada tips-tips menarik yang perlu ngoni tahu tentang AC, ngoni boleh baca melalui artikel Swissbaru.com. Kalo ngoni mo beli AC dapatkan di toko Swiss Baru Manado banyak berbagai macam merk dan garansi resmi dari masing-masing merk. Kalian bisa cek Di Sini.

ALAMAT TOKO (Link Google Maps):

Swiss 45
https://g.page/swissbaru
(sesudah presiden sebelum jalan roda pas di bok jalan)
WA Toko Swiss 45 https://wa.me/6282346957090

Swiss Kairagi
https://goo.gl/maps/CS2aqp65wVY2Mswo8
(kalau dari pusat kota, sebelah kiri sebelum pomben poli/lippo plaza)
WA Toko Swiss Kairagi https://wa.me/6281251191189

Kalau mau order online le boleh, langsung klik jo torang pe WA : 085342848866. (Nda perlu save no, langsung bisa chat). Dalam kota Manado free ongkir dan boleh bayar pas barang sampai (khusus pembayaran tunai)

Check Also

Alasan Harus Memilih AC AUX

Hallo Sobat Swissbaru… Proses memilih AC dapat menjadi tahapan yang panjang. Apalagi kalo ngoni nyanda …