Penyebab Lampu Kulkas Mati

Penyebab Lampu Kulkas Mati – Kulkas yang dirawat dengan baik dan juga rajin dibersihkan biasanya cenderung awet. Salah satu dari ciri kulkas yang awet di antaranya yakni jarang terjadi masalah serta fungsi pendinginannya bisa terus bekerja dengan baik.

Tapi, pada saat lampu kulkas mati, apakah itu depe tanda bahwa kulkas bermasalah? Jawabannya yakni iya dan bisa juga tidak. Hal ini dikarenakan penyebab lampu kulkas mati ada bermacam-macam. Sebagian berhubungan dengan fungsi komponen yang ada pada kulkas, tetapi sebagian lagi tidak.

Baca Juga : Langkah yang Dilakukan Supaya Kulkas Bebas Bakteri

Fungsi Lampu Kulkas

Sumber Gambar : Istockphoto

Lampu kulkas tidak memiliki fungsi yang signifikan. Tapi, bisa kalian bayangkan kalo ngoni pe kulkas nyanda dilengkapi dengan lampu. Ngoni tentu akan kesulitan melihat dan sulit memilih makanan serta minuman di dalamnya. Bahkan juga, ngoni akan kesulitan menaruh atau menata bahan makanan karena nda ada penerangan yang memadai.

Kulkas yang dirancang sebagai tempat penyimpanan makanan yang tertutup rapat serta nyanda memiliki ventilasi sedikit pun. Dengan demikian, nda akan ada cahaya dari luar yang bisa masuk, kecuali kalo pintu kulkas sedang dibuka. Desain yang seperti ini bertujuan untuk mencegah udara luar yang panas masuk ke dalam kulkas serta akan mempengaruhi suhu dingin yang dihasilkan oleh mesin pendingin kulkas. Oleh karena itu, lampu kulkas memiliki fungsi yang penting

Itu juga alasan kenapa lampu kulkas di rancang untuk menyala pada saat pintu kulkas dibuka serta padam kalo pintu kulkas di tutup. Tujuannya yakni supaya menghemat listrik sekaligus menjaga proses dari pendinginan kulkas

Penyebab Lampu Kulkas Mati

Selain untuk penerang kabin kulkas, lampu kulkas juga dapat menjadi indikator apakah kulkas sudah berfungsi dengan baik. Pada saat lampu kulkas mati, dapat jadi ada komponen lain yang sedang bermasalah yang menyebabkan kulkas nyanda dingin. Selain itu, bisa saja hanya bola lampu kulkas yang mengalami kerusakan sehingga nyanda mengganggu proses pendinginan.

Baca Juga : Keunggulan Kulkas dengan Freezer di Bawah

Berikut ini merupakan beberapa penyebab lampu kulkas mati sekaligus dengan cara memperbaiki lampu kulkas yang mati.

Kabel kulkas longgar

Kabel nyanda sengaja tersenggol sehingga nyanda menancap dengan sempurna ke sumber listrik. Selain itu juga, bisa jadi kabel so menancap dengan baik, tapi ternyata ada stop kontak yang mengalami masalah sehingga listrik nyanda mengalir ke kulkas. Cara perbaikinya yakni ganti stop kontak dengan yang baru.

Kabel kulkas rusak

Kabel kulkas biasanya rusak karena digigit tikus serta kabel tembaga yang ada di dalamnya mengalami korosi. Kalian harus segera mengganti kabel dengan kabel baru.

Lampu kulkas terbakar

Kalian dapat memeriksa apakah lampu kulkas terbakar atau nyanda dengan lepaskan lampu kulkas dari depe tempat dengan cara diputar. Kawat pijar yang ada dalam lampu yang terbakar akan berwarna hitam atau putus. Untuk itu kalian bisa ganti lampu dengan yang baru.

Switch door kotor atau macet

Cara untuk memeriksa kondisi seperti switch door yakni dengan membuka pintu kulkas setelah itu tekan tuas switch door. Jika lampu nyanda mati, maka ada kemungkinan depe switch door bermasalah.

Cara perbaiki: Tekan serta lepaskan switch door beberapa kali untuk mo lia reaksi dari lampu kulkas. Kalo area pada sekitar switch door terlihat kotor, kalian perlu segera bersihkan. Tapi, kalo switch door ternyata rusak, maka harus diganti dengan yang baru.

Relay rusak

Penyebab dari lampu kulkas mati yang lain adalah relay yang rusak. Relay yang terdapat dalam kompresor. Kalian dapat menggunakan obeng untuk buka penutup pada bagian samping kompresor lalu cabut relay-nya. Goyangkan relay dengan beberapa saat. Kalo ngoni mendengar suara aneh, berarti depe komponen itu so rusak. Cara perbaiki yakni dengan ganti relay yang baru.

Kompresor bermasalah

Kompresor yang terletak di bagian bawah belakang kulkas. Sentuh tabung kompresor for mengecek apakah ada getaran atau tidak. Kalo ngoni masih dapat merasakan getaran, berarti kompresor bekerja dengan baik. Sebaliknya, kalo ngoni tidak merasakan getaran, berarti kompresor itu bermasalah dan juga menjadi penyebab lampu kulkas mati. Untuk perbaikinya kalian bisa panggil teknisi untuk perbaiki motor kompresor.

Korsleting

Korsleting merupakan terputusnya arus listrik, termasuk arus listrik yang menuju ke kulkas. Kulkas biasanya akan mati setelah terjadi korslet karena sirkuit yang ada di dalam kulkas terputus.

Jika kalian sedang mencari kulkas dengan kualitas penerangan, kalian bisa dapatkan di toko swiss baru ada berbagai banyak pilihan serta memiliki fitur menarik dari masing-masing kulkas. Jangan sampai kehabisan! Segera kunjungi toko swiss baru sekarang untuk mendapatkan kulkas yang keren untuk dapur kalian.

ALAMAT TOKO (Link Google Maps):

Swiss 45
https://g.page/swissbaru
(sesudah presiden sebelum jalan roda pas di bok jalan)
WA Toko Swiss 45 https://wa.me/6282346957090

Swiss Kairagi
https://goo.gl/maps/CS2aqp65wVY2Mswo8
(kalau dari pusat kota, sebelah kiri sebelum pomben poli/lippo plaza)
WA Toko Swiss Kairagi https://wa.me/6281251191189

Kalau mau order online le boleh, langsung klik jo torang pe WA : 085342848866. (Nda perlu save no, langsung bisa chat). Kalau dalam kota Manado free ongkir dan bisa bayar pas barang sampai (khusus pembayaran tunai)

Jangan lupa, peralatan elektronik lainnya dengan harga termurah kunjungi tokopedia toko swiss baru di https://www.tokopedia.com/swisselectronics

Check Also

Perbedaan TV QLED dan OLED

Memahami Perbedaan TV QLED dan OLED: Pemilihan Pintar untuk Pengalaman Menonton Terbaik

Pendahuluan Halo #SahabatSwiss!!! Pasti yang buka artikel ini adalah orang yang suka menonton TV dan …