Penyebab Hembusan AC Kurang Kencang

Penyebab dari Hembusan AC Kurang Kencang – Seringkali ketika sedang membutuhkan suasana yang sejuk serta suhu ruangan yang dingin, tapi AC justru nda mampu melakukannya dengan optimal. Bahkan, hembusan AC yang terasa sangat pelan, sehingga proses pengaturan suhu menjadi terasa lebih lama. Apa yang menyebabkan hembusan AC menjadi kurang kencang?

Tentunya, ada banyak hal yang menjadi dampak kurang kencangnya hembusan dari AC tersebut. Hembusan AC yang kurang kencang dapat karena banyak hal, serta rata-rata karena komponen di dalamnya ada yang sudah bekerja dengan tidak optimal. Itu berarti, so waktunya untuk service AC, atau pembersihan.

Ada 2 penyebab utama mengapa hembusan AC menjadi kurang kencang. Faktor pertama yakni karena jarangnya melakukan perawatan, service AC, pembersihan atau cuci AC secara rutin serta berkala. Akibatnya, ada banyak kotoran yang ada di dalam AC yang menjadi kotor. Sedangkan untuk faktor kedua adalah usia dari AC tersebut yang so cukup tua, sehingga komponen-komponen di dalamnya bekerja kurang optimal.

Sumber Gambar : Istockphoto

Komponen yang kotor

Penyebab pertama karena kurangnya perawatan, cuci serta pembersihan, service AC dengan secara berkala. Akibatnya yakni komponen di dalamnya kotor, dengan banyak tumpukan debu dan sebagainya.

Bagian pertama yang sering menjadi tempat tumpukan debu, cairan, jamur, bakteri dan adalah evaporator. Evaporator yang kotor menjadikan perputaran kipas fan akan menjadi lebih lambat, bahkan cenderung semakin memakan waktu.

Baca Juga : Penyebab Kompresor AC Mati

Service AC, jika evaporatornya kotor adalah service besar untuk mengembalikan evaporator menjadi seperti semula, serta bekerja dengan optimal lagi. Untuk menghindari masalah ini, coba kalian lakukan terus pembersihan dan service AC secara rutin.

Bagian lain yang menjadi tumpukan debu serta kotoran adalah baling-baling kipas. Tumpukan kotoran pada baling-baling kipas akan menjadikan baling-baling tersebut menjadi lebih berat. Hasilnya, motor dinamo akan menjadi lebih berat bekerja untuk memutarnya.

Maka yang akan terjadi kemudian adalah kinerja menjadi semakin pelan, yang berakhir dengan hembusan angin dari AC juga menjadi pelan. Seperti sebelumnya, kalo masalah so muncul seperti ini maka harus dilakukan service besar atau istilah lainnya yakni over houl indoor unit. Pembersihan secara rutin sangat kalian perlukan untuk menghindari dua masalah di atas.

Baca Juga : Apa Itu AC Inverter?

Usia AC sudah tua

Masalah yang lain biasanya karena AC so berusia lebih dari 10 tahun. Maka depe kinerja akan semakin berkurang. Pertama, motor dinamo yang akan melemah. Karena motor dinamo melemah, maka putaran kipas baling-baling juga ikut melemah. Hasilnya adalah hembusan angin akan menjadi lebih lemah juga.

Untuk masalah ini, mungkin dapat melakukan pergantian pada motor dinamo, atau service pada komponen tersebut.

Selain itu, bagian yang cepat melemah karena usia serta penggunaan yakni kapasitor fan. Kapasitor yang menempel di modul PCB ini tentunya akan mengubah arus listrik menjadi tenaga untuk menggerakkan motor dinamo.

Ketika tenaga kapasitor fan ini melemah, maka dapat jadi motor dinamo juga akan melemah. Kalo ini masalahnya, maka cara service AC ini yakni mengganti kapasitor tersebut.

Demikian ulasan terkait dari penyebab hembusan angin AC yang menjadi pelan serta lemah sehingga sulit untuk mendinginkan ruangan. Tapi, sebelum kalian mengundang petugas service AC ke rumah kalian, coba cek dulu depe pengaturan kecepatan kipas. Siapa tahu, justru kalian sendiri yang mengatur kecepatan kipasnya di tempat yang terendah.

Apabila hal itu terjadi, wajar saja kalo kecepatan kipas fan menjadi sangat lemah. Bila ternyata masalahnya ini, kalian tentunya dapat menaikkan kecepatan kipas fan di remot kalian dan nyanda perlu menghubungi teknisi service AC.

Baca Juga : 7 Jenis AC sesuai dengan kebutuhan

Pengecekan terhadap kerusakan seperti yang dipaparkan sebelumnya tentunya hanya terjadi jika pengaturan kecepatan kipas fan memang cukup cepat, namun beroperasi terlalu lambat. Apabila ternyata masalahnya bukan di situ, maka kalian dapat mempertimbangkan untuk memanggil teknisi service AC dan melakukan perbaikan.

Rata-rata perbaikan yang dimaksud yakni jenis perbaikan atau pencucian ac besar, yang memerlukan biaya yang nyanda sedikit. Ditambah lagi dengan pembelian komponen yang baru juga akan memerlukan dana yang lebih besar. Jadi, sebelum akhirnya kalian harus mengeluarkan biaya yang cukup besar, maka proses pembersihan AC harus dilakukan secara rutin. Itu yang perlu kalian lakukan supaya terhindar dari service besar terhadap AC kalian.

Ada banyak tips-tips menarik yang perlu kalian ketahui tentang AC, kalian bisa baca melalui artikel Swissbaru.com. Kalo ngoni mo beli AC bisa dapatkan di toko Swiss Baru Manado ada berbagai macam merk serta garansi resmi dari masing-masing merk. Kalian bisa cek Di Sini.

ALAMAT TOKO (Link Google Maps):

Swiss 45
https://g.page/swissbaru
(sesudah presiden sebelum jalan roda pas di bok jalan)
WA Toko Swiss 45 https://wa.me/6282346957090

Swiss Kairagi
https://goo.gl/maps/CS2aqp65wVY2Mswo8
(kalau dari pusat kota, sebelah kiri sebelum pomben poli/lippo plaza)
WA Toko Swiss Kairagi https://wa.me/6281251191189

Kalau mau order online le boleh, langsung klik jo torang pe WA : 085342848866. (Nda perlu save no, langsung bisa chat). Dalam kota Manado free ongkir dan boleh bayar pas barang sampai (khusus pembayaran tunai)

Atau kunjungi tokopedia toko swiss baru di https://www.tokopedia.com/swisselectronics

Check Also

Cara Mengatasi Pembuangan AC Yang Tersumbat

Hallo Sobat Swissbaru… Pembuangan AC tersumbat yang dibiarkan dapat mengakibatkan masalah lain yang pasti lebih …